Apa Susahnya sih Bilang Terima Kasih?
Apa Susahnya sih Bilang 'Terima Kasih'? (Gambar: Aditya Nur Kahfi)

Terima Kasih. Dua kata itu seakan susah banget diucapin bagi sebagian orang. 

Kadang aku pun bertanya-tanya, kenapa gitu loh, kenapa?! Padahal udah jelas-jelas dibantu, udah dikasih, udah ditolong, udah diberi sesuatu, tapi masih aja gak mau bilang makasi? 

Ga bisa dipungkiri sih, untuk setiap hal yang udah diberikan ke kita, baik itu dari Tuhan, dari orang lain, bahkan dari diri kita sendiri. Seringnya manusia itu lupa untuk bersyukur. Bener ga?

Aku sering mengamati perilaku orang, baik yang ada kontak langsung sama aku maupun yang engga.

Ternyata apa, makin kesini makin banyak orang yang lupa bilang terima kasih saat sudah dibantu maupun dikasi sesuatu. Miris banget si. Entah karena gengsi atau emang ga mau bersyukur. Gatau deh aku.

Sepele, tapi kalo ga diucapin 'makasi' itu rasanya jadi ga ikhlas. Ya meski nantinya bakal diikhlasin, tapi seenggaknya hargai lah pemberian orang lain, pertolongan orang lain.

Padahal nih ya, meski kamu cuma bilang makasi itu udah bikin orang yang bantu kamu itu seneng loh!

Kita itu ga mengharap sesuatu yang muluk-muluk, cuma ucapan terima kasih pun udah seneng banget aslinya. 

Tapi kalo kamu ngasi bonus sesuatu apa gitu, ya malah makin seneng banget kita. Wkwk Kita juga manusia, ga muna lah. hehe

Menurutku, sekecil apapun bantuan atau hal yang diberikan oleh orang lain ke kita, udah sepantasnya kita menghargai itu. 

Ya mungkin ga perlu secara langsung membalas dengan kebaikan yang sama, tetapi seenggaknya, ucapan terima kasih itu sudah mencukupi semuanya.

Ingat kawan! Kalo kamu pengen jasamu dihargai sama orang orang lain, kamu juga harus bisa menghargai pemberian maupun pertolongan orang lain.

Kamu ga mau kan, semisal nih ya suatu saat kamu memberikan pertolongan ke orang lain, terus orang itu ga bilang terima kasih. Apa kamu ga kesel? Aku jamin kamu pasti bakalan kesel.

Tapi, jika kamu masih sabar dan ikhlasin itu semua. Aku acungin jempol, dua jempol deh kalo kurang. wkwk

Jadi, sampe hari ini, kenapa kamu masih sulit bilang terima kasih?

Baca Juga : 4 Alasan Sebaiknya Kita Harus Punya Sikap 'Bodo Amat'