4 Alasan Sebaiknya Kita Harus Punya Sikap 'Bodo Amat', Yang Terakhir Bisa Terbebas dari Stres Loh!
4 Alasan Sebaiknya Kita Harus Punya Sikap 'Bodo Amat' (Gambar: Aditya Nur Kahfi)

Bodo Amat. Yap, bodo amat lah biar ga stres, kita juga harus punya sikap bodo amat loh!. Kenapa? Apa alasannya? Semua akan aku bahas disini.

Dalam kehidupan tentu kita harus bisa menghargai satu sama lain.

Sebagai makhluk yang paling pinter, punya akal dan punya hati, manusia juga "dituntut" untuk saling membantu.

Akan tetapi, kita seringkali merasa hal itu justru menyebalkan saat sudah kelewat batas. Bener ga?

Contoh gampangnya gini, mau gimana pun kita ga bisa menghindari komentar orang-orang atas apa yang kita lakukan. Yap, mungkin saja komentar yang didapat bisa menjadi masukan untuk kita sendiri agar bisa menjadi lebih baik lagi. Tapi, kebiasaan seperti ini bagaikan pedang bermata dua, kalo kita salah menangkap bisa bikin kita jadi stres.

Lantas, kenapa kita harus bersikap bodo amat? Bukan karena egois loh ya, tapi ada alasan yang lebih logis tentang ini.

Alasan Harus Punya Sikap 'Bodo Amat'

Berikut ini alasan sebaiknya kita harus mempunyai sikap bodo amat:

1. Kita sendiri yang paling bertanggung jawab atas kehidupan kita

Dari kita sendiri pasti punya agenda hidupnya masing-masing. 

Kita yang merancang perjalanan hidup sejak dari kecil, nentuin cita-cita, hingga mempersiapkan kehidupan di masa tua. Dalam prosesnya pasti akan ada aja banyak campur tangan dari orang lain.

Tapi perlu diingat juga, yang paling bertanggung jawab dalam kehidupan ini yaitu diri kita sendiri.

Dengan bersikap 'bodo amat', pasti akan lebih fokus dalam menjalani kehidupan yang sudah kita rancang sebelumnya.

2. Bakalan selamat dari jerat drama kehidupan orang lain

Bahkan ga jarang, saat kita mengikuti saran dari orang lain (dalam arti ga tepat) dalam menyelesaikan masalah pribadi, bukannya permasalahan itu menjadi selesai malah menambah masalah lainnya, bener ga? Kamu juga pasti sering ngalamin itu kan? Yang terjadi apa, drama malah makin berkelanjutan kan?

Maka dari itu, bersikap bodo amat bisa jadi solusi paling tepat jika sudah terlalu banyak orang yang campur tangan menyelesaikan masalah kita. 

Tapi jangan salah paham ya, bodo amat di sini konteksnya adalah kita memilah-milah mana saran yang bener-bener tepat untuk menyelesaikan masalah kita. Jadi, bukan serta-merta menolak masukan-masukan orang lain, ya.

3. Kita akan lebih nyaman dalam menjalani hidup

Ga dengarin komen dari orang lain tentu akan memberi pengaruh positif terhadap pemikiran dan kesehatan mental. Kita jadi ga mikirin hal apa yang seharusnya dilakukan cuma bikin orang lain puas. 

Ingat poin pertama tadi, kebahagiaan dan kesuksesanmu itu adalah tanggung jawab diri kita sendiri. Orang lain sama sekali ga punya kewajiban untuk bikin kamu bahagia. Jadi, standar bahagia itu harus kita tentukan sendiri.

Karena apa? Kita lah yang paling tahu apa yang kita sukai, apa yang bikin kita seneng, apa yang bikin kita bahagia. Jadi, ga salah mencoba bersikap bodo amat sesekali.

4. Kita akan terbebas dari stres

Yap, seperti yang sudah aku katakan diawal. Karena saat bersikap bodo amat, otak menyeleksi mana pesan yang baik dan buruk untuk diri kita. 

Ketika sudah menemukannya, kita akan lebih mudah menjalaninya. Kita jadi ga fokus mikirin pendapat orang lain sehingga ga merasa tertekan baik secara lahir batin maupun mental.

Itulah tadi 4 alasan sebaiknya kita harus bersikap bodo amat. Ada banyak keuntungan yang didapat kalo kita menerapkan sikap bodo amat. Tapi ingat! Ini semua ada plus minus-nya, dan jangan berlebihan juga ya.

Terlalu bersikap bodo amat juga akan membuat kita menjadi manusia ansos (anti sosial), kamu ga amau kan orang lain jadi ga tertarik bergaul denganmu gara-gara ansos? 

Jadi, gunakan sikap bodo amat ini jika memang ada komentar/nyinyiran yang sekiranya menggaggu. Okay!

Baca Juga : Apa Susahnya sih Bilang 'Terima Kasih'?

sumber referensi: https://s.id/HeVmA